Sunday, July 20, 2008

jokja part 3

huhu..
akhirnya kita nyampe juga di jokja hari ketiga.
tapi cerita ini belom lengkap. jadi yaaa seadanya dulu.
buat yang punya cerita ato mo ngelengkapin ceritanya kasih tau inay. ok!!
heppi reading!

=================================================================================================

Third day
Jumat, 16 Mei 2008
dresscode : baju babas.. eh baju bebas..


akhirnya datang juga hari terakhir turbud kita.. huhu.. seudih. tapi apa daya keluarga sudah menunggu kedatangan kita di rumah. pagi ini kita awali tentunya dengan bangun pagi. setelah bersiap2 dan membereskan semua barang, nyuci, ngepel, nyetrika, dan akhirnya mengemas koper, kita pun siap untuk pulang ke kampung halaman. haha. kaya pembantu aja. setelah sarapan, beberapa dari kita main biliard bersama pak zein. udah gitu kita langsung masuk ke bis dan memulai tur kita hari ini...


# KERATON YOGYAKARTA . 10 AM #

tur kita hari ini dimulai dari keraton yogyakarta. sesampenya di keraton yogyakarta, kita langsung duduk untuk ngedengerin penjelasan dari tour guide di sini. udah gitu kita langsung berkeliling keraton. tapi sayang, kita ga boleh masuk ke komplek pemukiman di dalemnya. ya udah kita popotoan aja, soalnya banyak spot-spot bagus di sini. beberapa sempet ngunjungin dua pohon beringin yang dibentengin di depan komplek keraton. setelah itu, berhubung para pedagang malioboro sudah memanggil-manggil, akhirnya kita pun melanjutkan tur ke malioboro sambil nunggu cowo2 solat jumat, memenuhi kepuasan berbelanja yang tertunda hari-hari yang lalu..


# MALIOBORO PART 2 . 11.15 AM #
whii.. panas-panas siang bolong gini enaknya jalan-jalan ke malioboro. berhubung jaraknya yang deket dan tinggal lurus doang, kita pun nyewa helikopter buat nyampe ke malioboro. tapi ternyata pas dipesen helikopternya ga ada, jadi kita pun terpaksa jalan kaki nyampe malioboro ato naik becak. di tengah jalan kita sempet ngelewatin walk of fame-nya ala jogja. tapak kakinya menteri, sultan, ampe presiden indonesia ada di situ. terus di jalan ternyata ada orang-orang lagi demo.
setelah diamat2in ternyata jogja bener-bener kota yang sangat eksotis. jogja masih mempertahankan sisi-sisi kebudayaannya di tiap sudut kota. jadi betah..
betah di jogja berati betah juga di malioboro. sayangnya cowo-cowo harus balik duluan gara-gara mo jumatan di mesjid DPRD. itu berarti cewe2 punya waktu lebih buat blanja di malioboro. tapi sayangnya, meskipun ke malioboro udah dua kali, tetep aja kita ga dapet alias keabisan tas ransel batik yang rencananya mo kita beli bareng-bareng. hhu.. kita pun harus balik lagi ke bis jam 13.00.

(minta cerita yg di malioboro dong . red)

setelah cowo2 selese jumatan, giliran cewe2 yang solat di mesjid DPRD. pas balik dari mesjid, ipong da anne sempet lari tersedu-sedu gara-gara ada ayam menghadang di gerbang keluar. ahahhahaha..
akhirnya kita pun kembali ke bis dan melanjutkan perjalanan ke candi prambanan..




# CANDI PRAMBANAN . *jamnya lupa* #
ke candi prambanan bukan buat liat-liat candi, nonton sendratari ramayana, sekedar ke toilet, jadi patung kaya roro jonggrang, ato beli jins cihampelas. tapi kali ini kita ke candi prambanan buat ngebatik. setelah dikasih pengarahan di ruangan besar, kita dibawa ke tempat outdoor buat ngebatik. yang pertama dibayangin dari kata ngebatik sih awalnya tuh ngegambar dulu, maen lilin, pake canting, pokonya ribet banget. tapi ternyata disini kita ga pure ngebatik, tapi cuma mewarnai kain yang sudah dibatik lebih tepatnya. alhasil kita pun main-main dengan cat pewarna kain. kita sempet rebutan kuas buat ngewarnain. udah gitu gara2 catnya kurang, warna apapun jadi. bahkan yang bingung mo ngewarnain tu batik jadi warna apa pun akhirnya malah ngebanjur alias menuhin kain dengan warna ngasal. apapun deh, yang penting berwarna. hahahha.. dan katanya batiknya bakal dikirim ke sma 3 buat diambil masing-masing.

selese ngewarnain kain batik, kita ngumpul di tangga yang gede buat foto angkatan. dan tentu saja kita juga foto kelas. foto angkatannya pake kameranya medha. sempet ada masalah dengan self-timer kamera, tapi karena medhanya ga ada, lagi solat, akhirnya kita difotoin sama mas2. jadi yang punya kamera ga ikut difoto deh. sayang sekali...

candi prambanan ini merupakan objek tur terakhir kita. akhirnya kita pulang dan sempet makan di restoran lokal. dan dengan mengagumkannya bu budi sempet menghibur kita dengan nyanyiin beberapa lagu. wahahahha.. kocak..
setelah makan kita pun kembali ke bis dan berpulang kembali ke bandung.
BANDUNG WE'RE COMING!!!!


# SMAN 3 BANDUNG . 4 AM #
yeah!!! setelah goncangan demi goncangan, setelah terombang-ambing, nyampe juga di skolah kita tercinta ini dengan slamet. biar lambet asal slamet. makasih y sulaaah... astaghfirullah.. terima kasih ya Allah..!! hdooh.. nyampe sma 3 rasanya jadi kangen belajar. tapi boong. wakakkak.. baru pulang bentar dari jogja aja rasanya udah rindu pengen balik lagi. tp bagaimana pun kita musti sekolah. meskipun sekolah kadang2 bikin kita kesel, tapi kan selama kita sama2 di dalem kelas rasa rindu dan kesel itu bisa ilang karena kata Alm. om chrisye masa sma adalah masa yang paling indah. wehehe..

akhirnya perjalanan kita ke jogja pun berakhir. setelah mengambil barang bawaan masing-masing dan pamit ke mas arip, sopir bis dan asistennya, kita pun nunggu bareng-bareng di depan gerbang sma 3, nunggu dijemput. udah pengen tiduran di rumah aja nih rasanya. koper berisi barang bawaan yang asalnya ga banyak2 amat pun jadi penuh sama oleh-oleh.

satu persatu dari kita pun akhirnya berpulang ke rumah peristirahatan, menghilang ditelan kendaraan demi kendaraan yang datang menjemput dan membiarkan kenangan jogja melekat dalam diri dan ingatan masing-masing...

============================================================================================

# teletaBUS, sejuta cerita sepatu dalam bus nomor 2... #

whii..
turbud kita ga bakalan sukses kalo ga pake bis. ya iyalaah.. masa kita mo jalan kaki ampe jogja.
bukan turbud sma 3 namanya kalo ga dikawal polisi kemana-mana biar nyampenya makin cepet. kadang pake sirine, semua mata pun tertuju pada kita. jadi serasa pejabat. hhe..
bukan turbud sepatv namanya kalo di bis ga terjadi hal-hal menakjubkan yang bikin kita betah berjam-jam hidup di balok skian meter kali skian meter ini.

biar makin betah, ga lupa kita nyulap si bis nomer 2 ini jadi mini theater 2(ipa)1. dengan mas arif sbagai operator, kita pun nonton berbagai film. mulai dari drumline yg keren bgt, jumper, simpsons the movie yang bikin ngantuk, radit dan jani yang bikin terharu, ampe puncaknya click yang bikin banyak warga penghuni bis nomer 2 nangis termehek-mehek saking seudih dan terharunya.

selain seudih dan terharu, kita juga ngerasain bulu kuduk yang bergidik pas ngedengerin cerita hantu malem-malem. emang ga semua ngedengerin cerita hantu sih, tapi dari tampang2 kesereman dan bulu kuduk yang berdiri pas ngedengerin cerita hantu dari dacil dkk udah ngebuktiin kalo kelas kita bakat juga buat cerita2 mistis dan menyeramkan. hiiii....

tapi banyak juga kejadian-kejadian lucu yang ga kelupain. misalnya pas atu ama dea lomba ngegombalin acim atas request dari mas arip. ternyata bukan cuma cowo doang yang jago ngegombal ato ngerayu, dea dan atu udah ngebuktiin bahwa sekarang ini jamannya emansipasi wanita, cewe juga bisa. akhirnya mereka berdua pun dapet cool merchandise dari mas arip.

udah gitu ada lagi kejadian-kejadian konyol yang terjadi pas pada tidur. seperti biasa manusia-manusia kelelawar alias batman yang ga pada tidur mulai beraksi pas smuanya pada tidur. dengan kamera di tangan, pistol di saku, topeng di bokong, eh di muka maksudnya, mereka mulai beraksi moto-motoin orang-orang yang pada tidur. dan yang paling sering jadi korban para batman tersebut adalah rachman dan arif, yang tidur di kursi paling belakang dengan mulut menganga lima jari. hahahha..

udah gitu gantian inay yang tidur di kursi paling belakang dengan badan tiduran di kursi dan kaki menjuntai. tiba-tiba.... gedebuks.. inay pun jatoh ke lubang buaya dengan indahnya. untungnya ada si mina yang lagi berdiri di situ, jadinya inay pun ketahan dan berhutang nyawa pada mina. hahaha.. berlebihan ah.
seperti kata pepatah yang bilang like father like son, ternyata terbukti, bukan cuma inay yang jatoh, tapi anaknya juga, si abajj. dan yang satu ini jatohnya lebih konyol.
pada tengah malam yang sepi menjulang di dalam balok besi berukuran sekian kali sekian meter, para batman sedang asik berbincang-bincang menyusun strategi selanjutnya. tiba-tiba bis ngerem mendadak dan dari kursi belakang ada bunyi gedebuks yang amat mengelegar. awalnya mereka cuek aja, sampai ada yang berteriak...
Yang Berteriak : "ABAJJJJJ!!!"
kemudian para batman yang sedang asik berbincang tersebut sejenak menghentikan perbincanganya, dan menyadari bahwa salah satu calon korbannya, abajj, telah terjatuh dengan pose menantang ke lubang buaya yang sebelumnya telah menelan satu korban. dan bukannya nolongin abajj yang jatoh, para batman malah diem terpaku dengan muka siyok dan kemudian tertawa...
Para Batman : "HUAHHAHAHHAHAHAHHAHHAAHHAHHAHAHHAHHAAHAHAH....!!!!"
dan akhirnya salah seorang dari para batman itu pun buka mulut..
Patrick : "wah sori bajj.. bukannya ga mo ngebantuin, tapi aing rek ketawa heula.. HUAHHAHAHHAHHAHHAHAHAHHA..."
(tertawa sambil memegang perut)
alhasil abajj yang jatoh pun akhirnya berjuang seorang diri untuk keluar dari lubang buaya. sambil menanggung rasa malu yang tak terperi, ia pun melanjutkan tidurnya yang sempat terpause.
dan ternyata bukan abajj doang yang jadi korban gara-gara bis ngerem mendadak. dari sudut lain terlihat ghifary yang juga sedang berusaha bangun dari keterpurukan setelah jatoh tersungkur ke depan. hahahha... sedangkan para batman dengan lebay melakukan reka ulang kejadian untuk diperlihatkan pada warga yang ingin tau. wahahhaahhahahaha...

mmm... sebenernya masih banyak cerita-cerita, kejadian-kejadian, dan hal-hal menarik selama kehidupan singkat kita di dalem bis yang mungkin terlewat untuk diceritain karna ga bisa diceritain satu-satu. bis nomer 2 ini bikin kita jadi lebih akrab. bis jugalah yang punya peranan penting untuk mempersatukan kita selama di jogja, karena di tempat lain belum tentu kita bisa bersama-sama seperti ini, selain di kelas tentunya.

hmm...bis ternyata bisa jadi alat pemersatu kelas kita juga yaa...
HIDUP BIS NOMER 2 (beserta isinya)!!!


fyuuhh.. semoga secuil kisah lalu lintas kehidupan kita di jogja ini bisa ngingetin kita kalo kita pernah ngalamin yang namanya tur budaya bareng. cerita pengalaman dan kisah-kisah ini adalah sejarah kita selama di jogja yang ga boleh terlupakan, karna manusia tidak pernah hidup terlepas dari sejarahnya.
dan ingatlah ungkapan JASMERAH dari Pak Karno, "Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah".


dari keraton ke prambanan
jalan-jalan bareng SEPATU
tur ke jogja emang udahan
tapi kita kan tetap SATU!

============================================================================================

- THE END -

-jogja adalah sekeping puzzle penyusun mozaik sejarah kehidupan kita- *halah*

No comments: