Sunday, July 20, 2008

jokja part 2

Cerita sebelumnya...
(baca posting sebelumnya)
=======================
==========================================================================

Second day
Kamis, 15 Mei 2008
dresscode : kaos turbud


# PABRIK GULA MADUKISMO . 8.30 AM #
setela
h sarapan, hari kedua ini kita awali dengan mengunjungi pabrik gula madukismo. di sini pertama2 kita ngumpul di aula, udah gitu ngedengerin penjelasan tentang pembuatan gula yang lamanya ampe bkin suntuk. ahirnya kita pun bukannya ngedengerin tapi malah tidur. ahahahhahhaha..
abis itu kita naek ke
reta gula menuju pabrik gula yang sebenernya. sebelumnya kita beli es krim trico yang warnanya merah kuning ijo yang ada gambar linasaurus lagi naek kuda sangkilang udah kepanasannya. udah gitu makan bareng2 deh. tapi bukan botram. maksudnya makan sendiri2 tapi babarengan. dengan kecepatan << 5km per jam, alias lebih lama dari kecepatan orang yang mengendarai kaki, kita pun melaju sambil berdadah-dadahan dengan penduduk sekitar.. jadi merasa artis. ahahaha..
dari radius kurang dari 1 kilometer bau gula udah kecium. ternyata kaya bau sweetcorn gitu. udah gitu kita masuk ke tempat pengolahan ipong. eh tebu maksudnyaa.. setelah melewati berbagai mesin pengolahan yang gede-gede, nyobain gula yang baru jadi, dan berkelana keliling pabrik gula, akhirnya kita balik ke bis mengendarai kaki. tapi di tengah perjalanan sempet ada copet!! bukan copet beneran tapi. ternyata cuma adegan pencopetan yang diperanin oleh gege dan kang mas. hhh.. kirain..
pas udah nyampe tempat bis bersarang, kita pun langsung ngantri solat, foto-foto sejenak untuk ngilangin suntuk dan balik lagi ke bis. udah gitu kita dikasih makan siang dan bersiap menuju tempat selanjutnya...




# PARANGTRITIS BEACH . 12.30 PM #




horeee............
setelah suntuk2an di madukismo, akhirnya kita pergi ke pante juga. padahal di rundown sebenernya ga ada, aslinya kan mo ke museum jogja kembali. ahahahha.. beruntung benar kita pergi ke pante.
pante artinya pinggir laut. pinggir laut artinya ada airnya. ada airnya berarti ada ombak yang timbul karena tiupan angin. ada ombak yang timbul karena tiupan angin berarti kita bisa maen ombak. kita bisa maen ombak artinya senang-senang. senang-senang artinya bahagia. dan kesimpulannya adalah pante berarti bahagia. hohohohoo..
kaya kata bos petrik," Hidup itu senang-senang...". dan benar, now it's the time to have so much fun!!!

wihiiii... begitu nyampe parangtritis kita langsung bersyukur dan inget pada Tuhan Yang Mahakuasa. selese solat kita foto2 bentar, udah gitu ga lupa pake sunblock dan lotion biar ga terpanggang matahari. si kang mas make sunblocknya kebanyakan. wahahahhahhaaha.. udah gitu kita langsung nyerbu pantai parangtritis yang menggiurkan ampe bikin ngacay. saking senengnya bang adiw ampe lari india-indiaan membawa sarung merah kotak-kotaknya yang berkibar-kibar. lidah-lidah ombak udah menjilat-jilat bibir pantai dengan nakalnya. dan tunggu apalagi, kita pun langsung lari ke bibir pantai, lepas sendal-sepatu, merasakan lembutnya pasir pante parangtritis yang tidak lagi putih karena udah kelamaan terbakar sinar matahari. ga deng, emang sebenernya pasirnya bukan warna putih. haha.. ga penting. dan ternyata pasirnya panas bangeeett!!!! karena kepanasan dan udah ga sabar, kita langsung lempar tas dan maen-maen aer, kaya udah ga ketemu aer brapa lamaaa gtuh.

karena sebelumnya ga ada rencana mo ke pante, beberapa dari kita sempet ngerasa salah kostum. tapi tak apalah, kita uda ga peduli, yang penting senang-senang. saking ga pedulinya, kita langsung aja mencicipi deburan ombak parangtritis yang cukup besar. kita pun otomatis basah-basahan, maen kejarlah ombak kau kutangkap *naoon deui*, gugulingan, lempar pasir, nulis-nulis di pasir, dan tak lupa foto-foto. beberapa dari kita pun berbaris siap-siap menghadang ombak sambil difoto sama om. dan begitu ombak dateng, kita langsung lari mundur, beberapa gugulingan minta dipeluk ombak, kaya mumuh, petrik, ardi, dll. sebenernya ini permainan yang konyol. soalnya awalnya kita nunggu dan nantangin ombak, tapi pas ombaknya dateng kita malah mundur. ahahaha.. but believe me, it was so fun!

di sudut pantai yang lain beberapa orang foto-foto narsis, mengambil background pemandangan pantai yang hot. kita juga ga lupa foto loncat. bukan fotonya yang loncat, tapi pas loncat kita difoto. mulai dari yang sendiri-sendiri, sendiri-berdua, sendiri-bertiga, aga banyak, ampe akhirnya sekelaseun pun ikutan foto. kita pun berangkulan ngebentuk rante, dan dengan aba-aba 123 kita smua loncat dan "jdeeerr!!!", petir dan kilat pun menyambar di tengah-tengah siang pante yang bolong.
ya ga lah. difoto maksudnya, itu kan bunyi shutter kamera. dan kita pun bahagia. titik.

setelah cape loncat-loncatan, beberapa dari kita kembali melakukan permainan kejarlah ombak kau kutangkap, dan beberapa nulis2 kata 'sepatu' di pasir parangtritis yang lembut gemulai itu. kita juga sempet nguburin ardi pake pasir, tapi sayangnya sebelum kuburannya selesai si ombak udah keburu menghampiri. gagal deh. ternyata memang belum waktunya bagi ardi untuk dikebumikan. tapi gapapa, karna kesenangan kita pun masih banyak.
setelah ada pengumuman untuk kembali ke bis, kita pun ngambil tas masing-masing yang dengan baik hatinya dijagain ama sulah *makasih sulah* dan popotoan sekelaseun untuk yang terakhir kalinya di parangtritis ini. udah gitu kita mengumandangkan yel-yel sepatu kita yang sakral.
"SEPATU! SEBELAS IPA SATU! SA..SA..SA.. OE!!!!"



berbekal baju kering dan pulang membawa baju basah, akhirnya kita pun memutuskan untuk beli celana di kios setempat. setelah melalui pertarungan sengit untuk mendapatkan harga yang diinginkan, kita akhirnya ganti celana dan kembali ke bis.
pas udah naek bis ternyata kita dikejutkan oleh hilangnya topi salah seorang personil sepatu yang namanya tidak bersedia disebutkan. kita sebut saja Mawar.
si Mawar ini ternyata keilangan topi kesayangannya. dan alhasil teman-temannya yang udah naek ke bis pun terpaksa tertunda keberangkatannya.

karena yang udah masuk bis ga boleh keluar lagi, teman-temannya yang lain pun cuma bisa nontonin si Mawar sibuk mencari topi-berlabel-salah-satu-merek-terkenalnya itu. karena ga ketemu-ketemu, akhirnya si Mawar pun menelepon 911 dan datanglah beberapa polisi dan warga setempat. kemudian terjadilah dialog antara Mawar (M), Polisi (P), dan Warga (W).
P : "ada apakah gerangan? ada yang bisa saya bantu?"
M : "ada pak.. ada yang hilang."
w : (berbicara dengan ebe)
"HILAAAANGG???"
P : "apa yang hilang, de?"
M : "cintaku, pak.. terbawa angin yang berhembus di pantai.
ya ngga lah, pak. itu looh, topi saya hilang."
P : "hoo.. topi ade yang seperti apa? barangkali bisa kami carikan."
M : "ya yang bundar laah, pak! kalo tidak bundar ya bukan topi saya. gimana sih?"
P : "ooh.. oke..oke.. akan kami carikan."
akhirnya M, PPPPPP, dan WWWWWW (ceritanya P dan W-nya banyak) pun sibuk mencari topi M. dari dalam bis terlihatlah pemandangan orang-orang yang heboh berlarian mencari topi M. setelah sekian lama, topi M pun tidak juga ditemukan.
P : "maaf, de. kami tidak bisa menemukan cintamu.. eh topimu maksudnya.."
M : "no problem sir. sepertinya dia memang sudah uzur. terima kasih atas segala bantuannya."
M pun kembali ke bis dengan langkah gontai dan disambut oleh teman-temannya yang menanti kembalinya M dari medan juang. akhirnya bis pun berangkat, meninggalkan beribu kenangan M yang hilang bersama topinya.
(si W sebenernya cuma figuran. ahaha..)

*pesan moral : "jangan tinggalkan cinta dalam topi."


# SENTRA PEMBUATAN KERAJINAN PERAK, KOTAGEDE . 3 PM #
setelah dari parangtritis, kita melanjutkan perjalanan ke tempat pembuatan perak di kotagede. berhubung harga barang2 tidak sebanding dengan kocek yang dikantongi sebagian besar anak SMA, alhasil kita pun lebih banyak melihat berarti membeli. eh maksudnya melihat daripada membeli. meskipun ga banyak yang bisa dilakukan, di tempat ini kita bisa ngeliat cara pembuatan kerajinan perak. akhirnya bis pun berangkat kembali menuju tempat selanjutnya untuk malam angkatan kita.


# BOYONG KALEGAN, KALIURANG . 5 PM #
huff.. akhirnya sampai juga kita di tempat malam angkatan, boyong kalegan. sempet nunggu lama banget sebelum bisa masuk ke restoran, akhirnya beberapa dari kita yang belum solat pun menyempatkan diri untuk solat dulu. setelah itu kita disuruh bikin barisan dan yang paling rapi bakal masuk dan milih tempat duluan. emang kita lagi aga sial, kita yang udah ngerasa rapih pun kepilih tengah2. jadi ga dapet tempat yg pewe deh. akhirnya kita milih buat nyatu di saung yang gede dan langsung menghadap ke stage biar semuanya bisa ngumpul. ternyata tempatnya ga jauh beda dari tempat-tempat di bandung, karena terdiri dari saung-saung kecil yang terbuat dari bambu dan beratapkan jerami, berdiri di atas kolam, dan diringi oleh alunan musik yang bukannya musik jawa biar nuansanya lebih jogja tapi malah musik2 ajeb2 dengan beat yang tidak seirama dengan dentuman jantung. tapi sepanjang kehidupan kita di jogja ini, makanan di sinilah yang paling enak. ahahhaha..

kita pun sejenak melepas kelelahan. dan seperti biasa, meskipun bukan di kelas ato di rumah ato di bis, apip pun tidur tengkurep dengan bahagianya.


(apip tengkurep)

setelah makan-makan, acara dilanjutin dengan show performance tiap kelas. sambil nikmatin acara ada yang main rakit-rakitan. adam dengan setelannya yang cuco banget udah jadi kaya emang2 yang ngedayuh rakit aja, sedangkan di belakangnya, pasangan om-intan dan om-medha (wih.. om poligami!!) begitu soswit beduaan menikmati malam tanpa bintang ini. udah gitu kita ganti-gantian maen rakit, sempet pada takut juga pas naeknya, tapi lama-kelamaan kita pun udah kebiasa terombang-ambing di atas rakit.
=>
(skandal cinta om-intan-medha-[adam?])

naek rakit emang nyenengin. beberapa org bilang kaya gitu, termasuk manusia2 ini. sambil memegang teguh keyakinan 'slametkan badak jawa', eh maksudnya 'biar lambet asal slamet', beberapa teman kita, sebut saja salah satunya Abajj, sang musafir, pergi berakit-rakit dan kemudian berenang-renang bersama seorang cewe sensual bernama Intan, seorang musafir cadangan bernama Adam, dkk. meskipun udah ngedayung sekuat tenaga, si rakit pun ga jalan2. kemudian sang musafir ini merasakan adanya perasaan tidak enak dalam hatinya.. gundah.. gulana.. kayanya tadi pagi boker lupa ga cebok dan ga disiram klosetnya. tiba-tiba ada yang minta tolong dari arah sela2 dasar rakit.
Peminta tolong (P) : "lontooong!!! eh tolooong!!! tolooooongg!!!"
awalnya semua penumpang rakit tidak peduli dengan suara minta tolong itu, sampe akhirnya Abajj menyadari sesuatu...
Abajj (A) : "suara paan tuh??"
P : "tolong aku bodooh.."
A : "oooh.. hanya sebuah kotak kecil yang minta tolong. kirain apa.."
(sambil nengok ke dasar rakit, kemudian mendayung kembali)
si Abajj pun tiba-tiba siyok, karena ternyata akhirnya ia menyadari kalo kotak kecil yang di dasar rakit itu berwarna merah putih, persis hapenya dia yang biasa bersarang di saku celana.
A : (sambil mendayung kemudian menengok ke dasar rakit kembali)
"APUAA????!!! TIDAAAAKKK!!! HAPEKUUUU!!!!!!"
ternyata si kotak tersebut bener2 hapenya. Abajj pun langsung mengerahkan sekuat tenaganya demi upaya penyelamatan hapenya yang rada kelelep di sela2 bambu rakit.
setelah melakukan berbagai upaya pertolongan pertama pada hape kecelakaan (p3hk), ternyata hape tersebut tidak dapat diselamatkan. meskipun udah diberi napas buatan metode sylvester dan hegen-nelsen, hape tersebut tetep ga bisa nyala. akhirnya Abajj dkk pun melanjutkan perjalanan berrakit dengan bahagia. (lho?)
-to be continued-

o iya ada pembacaan award 2009, dan fasha bukan babas pun menang sebagai cowo terganteng 2009. ahahhahahhahahaa.. udah gitu ada anak sepatu yang mesem2 gitu deeeh.. sebut saja ipong. whehe..
tiba-tiba ada pengumuman "barangsiapa yang merasa kehilangan topi-dengan-salah-satu-merek-terkenal yang bentuknya bundar, harap menghubungi panitia di backstage". oh tidaak!! jangan-jangan itu topi si M yang dicari-cari selama ini.. faak..
selain nonton performance dan maen rakit, ada juga yang nonton bultang. setelah semua show performance selese, semua anak dipangggil untuk ngumpul di saung kita yang lina ini. maksudnya yang gede ini.. hehe. bcanda, lin! udah gitu kita renungan, dll. kayanya kita semua udah ngantuk di sini, ipong pun kambuh maagnya. jadi agak suntuk juga. hhmmphh..
setelah semua rangkaian acara selese kita pun balik ke bis dan kembali ke hotel dengan setengah sadar...

-lanjutan kisah Abajj-
udah nyampe mana kita tadi??
oh iya..
begitu nyampe di hotel, sang musafir kita tadi langsung nyoba2 nyalain hapenya. setelah pertolongan pertama gagal, ia pun mencoba pertolongan kedua, yaitu menggunakan alat pacu hape. ga bisa juga. akhinya pertolongan ketiga pun dikerahkan, pake golok. ternyata ga mempan. karena ga bisa juga, akhirnya pertolongan keempat dan yang terakhir pun dilaksanakan, yaitu pake metodenya Raditya Dika (bagi yang ga tau harap baca kambing jantan-nya raditya dika. hahhaha..). hapenya pun diangkat-angkat dan digoncang-goncang. tetep aja hapenya ga nyala. Abajj pun akhirnya punya alibi buat ganti hape. tapi ternyata... apakah yang terjadi pada hape Abajj begitu Abajj nyampe rumah dan melaporkan kejadin naas tersebut pada ibunya?? (jawab pertanyaannya dalam kuis di bawah ini)

*pesan moral : "berrakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian
hp nyemplung dahulu bersenang-senang kemudian."
(wehehe.. g mksud nyepet Abajj)


*kuis parangtritis beach dan boyong kalegan (beri tanda X pada jawaban yang TIDAK BENAR)
1. Siapakah nama sebenarnya si Mawar pemilik topi-dengan-salah-satu-merek-terkenal itu?
[ ] Marsha
[ ] Maulidina
[ ] Mumuh
[ ] Marikar
[ ] semua jawaban tidak benar kalo tidak salah betul-betul tidak benar-benar tidak betul
2. Seperti apakah bentuk daripada topi si Mawar?
Petunjuk: kalau tidak bundar bukan topi si Mawar!
[ ] Mobil
[ ] Matahari
[ ] Monyet
[ ] Mangga
[ ] jawaban yang salah kalo tidak benar-benar salah salah-salah jadi benar-benar betul
3. Bagaimana kelanjutan nasib hape si Abajj begitu Abajj nyampe rumah dan melaporkan kejadiaan naas yang menimpa hapenya pada sang ibu?
[ ] Nyala lagi
[ ] Tetep mati
[ ] Stengah nyala stengah mati
[ ] Nyala-idup-nyala-idup
[ ] Nyala enggan mati tak mau

==================================================================bersambung=======

jawab pertanyaanya lewat comment
ok!!

1 comment:

#Linaaa# said...

uwaw ! bner2 short story ya..hehe.
eh, sepatv qo sepi giini sssiih????
huhuhu..kangeeeeeen !!!!

oiya, jawaban quiz nyaa.apaan bingung. haha
**semua jawaban tidak benar kalo tidak salah betul-betul benar-benar tidak betul. apalagi ini teh ga ngertiii..