Sunday, July 20, 2008

jokja part 1 (revised)

Hmm...
Teman-teman, sebenernya posting yang ini udah pernah, tapi yang ini sekarang udah direvisi. dilengkapi dengan berbagai gambar sehingga lebih mudah dipelajari oleh para pelajar SMA (hah?! emang buku plajaran??!!).
yaa... pokonya enjoy it sajja laa..
leave comment ok!!
=======================
==========================================================================
TUR BUDAYA
YOGYAKARTA
14-16 MEI 2008



Wheeew..
akhirnya saat yang kita tunggu-tunggu tiba juga... TURBUD!!! setelah sekian lama kita berkutat dengan pelajaran yang menjemu, akhirnya kita liburan juga sekelaseun... ampe heboh banget pesiapannya. klas kita aja ampe bela2in ngejadiin sweater kelas yang glow in the dark buat dipake pas turbud. tapi sayang kita kekurangan salah satu personil kita, yaitu fya. but the tour must go on...
dan inilah rute tur kita yang menyenangkan:
# 1 . SMAN 3 BANDUNG -> RM Pringsewu -> Malioboro -> Hotel Sahid
# 2 . Hotel Sahid -> Pabrik Gula Madukismo -> Pantai Parangtritis -> Sentra pembuatan kerajinan perak, Kotagede -> Boyong Kalegan, Kaliurang -> Hotel Sahid
# 3 . Hotel Sahid -> Keraton Yogyakarta, Malioboro, dan Masjid DPRD -> Candi Prambanan -> SMAN 3 BANDUNG
And the story goes...


============================================================================================

First day
Rabu, 14 Mei 2008
dresscode : sweater sepatu


# SMAN 3 BANDUNG . 5 AM #
bangun tidur nyubuh bgt, udah gitu mandi, tidak lupa menggosok gigi, setelah itu menolong ibu membersihkan tempat tidurku (loh??).. matahari masih malu2 untuk terbit, kelopak mata pun masih berat untuk terbuka.. banyak beleknya kali y? ya pokonya hari ini kita harus ngumpul di sekolah jam 5 pagi demi turbud. pas di sekolah kita pun berbaris dengan agak rapi, dibagiin kaos, foto2, lomba balap karung, blanja, dll. pokonya seru gilaa!!! ampe pengen balik lagi ke jogja. (hahaha..bcanda...turbudnya aja blom mulai).

setelah cuap2 dari pa encang, akhirnya kita pun masuk bus nomer 2. udah gitu pacevat2 milih tempat duduk. smpet ada yang ga kbagian tempat duduk siih.. tapi ya sudalah.. duduk ternyata tidak harus memiliki.. maksudnya tidak harus memiliki kursi, ternyata di lante bisa, di tempat naro tas di belakang pun bisa. tak ada rotan gading pun retak *naon deui*..
setelah semuanya memiliki tempat duduk dan naro tas masing2, muncullah sang tour guide kita, mas arif (bukan arif rahman hakim yang jelas). udah gitu kita kenalan dan diabsen dll. akhirnya kita pun berangkat ke jogja. sempet juga ada harapan buat tiba-tiba nyampe di bandara ngurah rai kaya yang di iklan. tapi kayanya ga mungkin. ahahahaha..
Let's go Banana!!!
BALIII..
ups..
JHOGJHAAA!!! (bacanya kaya yang di iklan). wehehe..


# RUMAH MAKAN PRINGSEWU . 11 AM #
huff.. setelah sekitar 5 jam perjalanan, akhirnya kita pun nyampe di first destination alias rumah makan pringsewu. panas dan sesak ternyata tempatnya. karena salah satu sifat mendasar manusia yang musti mengeluarkan zat sisa berupa urin, yang apabila sudah disimpan terlalu lama menimbulkan kepenuhan dalam uretra, maka toilet di sini pun diserbu manusia2 yang terkena HIV alias hasrat ingin viviss. ahahhahahha.. ga penting. ya pokonya intinya si toilet di sini penuh, mejanya juga. makanannya juga standar. tapi ya alhamdulillah kita masih bisa makan. uda ah..


# MALIOBORO PART 1 . 6 PM #
setelah mlanjutkan perjalanan dengan cukup lama, akhirnya kita pun sampai di malioborooooo.. malam-malam. mencekam. suram menawan rupawan bagaikan dewi bulan turun dari kahyangan. halah..
kita pun nunggu aga lama ampe diperbolehin untuk berkeliaran di malioboro. uda mah malem-malem mencekam suram menawan rupawan blablabla, waktunya cuma 3 jam pulaa,, akhirnya kita pun langsung caw ke pusat perdagangan malioboro untuk memenuhi hasrat berbelanja. kita pun sepakatan buat sama2 make sweater kelas kita tercinta, harepannya sih bisa ngeglow pas malem-malem tapi ga taunya ngga. hahahhaah.. uda gitu kita sempet popotoan di tempat penyebrangan jalan dan mengakibatkan bunyinya klakson2 kendaraan yang melintas.
"anak kampvng dari mana ini?", kata salah seorang pengendara truk berroda 13. ya sebenernya ga ada dialog itu sih. hahahha.. ga penting.
awalnya kita emang bertekad utuk bareng2an terus, tapi sayangnya cuma bertahan sampe selese nyebrang ke tempat belanja doang. udah gitu kita keasikan blanja, jadi we mencar. tapi akhirnya sebagian besar dari kita pun dipertemukan di mirota. ternyata begitu nyampe mirota kita disambut dengan bau2 mistis dari arah yang tak terdugaa..
ternyata...
ternyata...
jengjeng..
ternyata bau mistis itu datang dari arah sulah. sulah ternyata sedang dikelilingi oleh dupa-dupa yang baunya semerbak, diiringi tari kecak, mengundang tukang becak, sambil makan cicak.. hahhahaha... ampun sull..
setelah berbelanja begitu singkat, sambil menggondol barang2 belanjaan, suvenir, dll, kita pun di-sweeping ama panitia harus balik ke bis. tapi yang namanya manusia, emang kadang2 suka ga puas. dan ketidakpuasan itu pun berujung malapetaka. seperti kisah yang satu ini..
wehehe..
okke.. sebenernya ini cerita memilukan yang miris mengiris-iris menambah ketidakpentingan shortstory ini. haha. banyak bacot ah.
jadi ceritanya ada 4 nak sepatv yang masi kpengen blanja, sebut saja Isabellanokustoyosudirohusodo, Angelinantosumarniborusiringoringo, Fernandoriantopurwonosubiakto, dan Rudolfomargonopurwoadianto.. karena kepanjangan kita singkat saja menjadi I, A, F, dan RF.
Mereka pun mengunjungi salah satu tempat perbelanjaan sambil cule2 panitia. setelah selesai mencari barang yang diinginkan, I dan F pun mengunjungi kasir sedangkan A dan RF menunggu di luar.
tiba-tiba...
tiba-tiba...
TIBA-TIBA...
terdengar suara guntur menggelegarrrrr!!!

ya ga lah

masa siang bolong ada suara guntur

malem tauk

ternyata bukan suara guntur, tapi suara pintu gerbang toko ditutup, dikunci dan digerendel.


ditutup, dikunci dan digerendel.


APA????


ditutup, dikunci dan digerendel. budekk..

TIDAAAAAAAAAAAKKKKKK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

ternyata pintu toko sudah ditutup, dikunci dan digerendel (3D) seenak udel. padahal si I dan F masih ada di dalam. akhirnya setelah urusan dengan mba2 kasir selese, mereka pun langsung mengambil langkah kaki seribu menuju pintu yang udah 3D dengan secepat kilat. di luar telah menunggu A dan RF yang ketawa terbahak2 ditemani dengan penduduk sekitar yang malah khawatir dan bertanya-tanya memikirkan nasib naas yang menimpa I dan F.
I : "Angelinantosumarniborusiringoringo.......Rudolfomargonopurwoadianto.......!!!!!"
(memanggil A dan RF, sambil mengedor2 pintu)
A : "Isabellanokustoyosudirohusodo.....Fernandoriantopurwonosubiakto.....!!!!!!!!!"
(memanggil I dan F)
I : "A... bukakan pintuu!!! aku terkuncii!!!"
A dan RF: (tertawa terbahak-bahak)
" HUAHAHHAHAHAHAHHAHAHHAHAHAHAHHAHAHHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHA.."
F : "malahan ketawa. kita kekunci nih."
A dan RF: (tertawa terbahak-bahak)
" HUAHAHHAHAHAHAHHAHAHHAHAHAHAHHAHAHHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHA.."
Akhirnya I dan F pun meratap-ratap memohon pertolongan sang sulah di depan pintu yang 3D itu, sedangkan A dan RF dengan bahagianya sibuk mengocok perut mereka layaknya shaker. ckakak..ckakak.. kemudian datanglah seorang mba2 (M). tapi bukannya bawa kunci untuk buka pintu, dia malah ngecek apakah si pintu beneran 3D apa 2D. kalo 2D kan ga perlu pake kacamata 3D buat nontonnya. *naon deui* . ternyata si pintu beneran 3D. I pun merengek2 minta dibeliin balon.. eh dibukain pintu maksudnyaa..
M : (sambil nyoba membuka pintu yang 3D)
"wah..beneran kekunci.. ga bisa dibuka"
I : (berbicara dalam hati)
"ya iya lah mba. kalo kekunci ya ga bisa dibuka kalo ga ada kuncinya"
M : "kalo gitu saya ambil dulu kuncinya ya.."
I : (berbicara dalam hati)
"bukannya dari tadi. kapan kita keluar nih?"
(berbicara di luar hati, memanggil A dan RF)
"A...........RF............."
begitulah seterusnya...
begitulah seterusnya...
begitulah seterusnya sampai suara pun tak menunjang lagi untuk berteriak2, sedangkan F dengan tenangnya duduk dengan sabar dan tawakal. di luar pun terdengar suara2 penduduk (P) yang berusaha menenangkan A dan RF yang terdengar mulai khawatir dengan kelanjutan hidup temannya, tapi masih tertawa tentunya.
A : (mulai khawatir)
"I...F..."
P : (berbicara dalam bahasa jawa)
"calm down..calm down..take it easy.. they'll go out from that shop soon. just calm down..and relax..maybe you should ask the shopkeeper to open the door."
A dan RF : "Oke..oke..dari tadi jga udah minta dibukain tapi ga dibuka-buka, mbaa."
RF: "I..F.. kalian pasti bentar lagi keluar. bersabarlah. orang sabar pantatnya lebar."
Di luar, para penduduk pun berkasak-kusuk.
P1: "ono opo iki??"
P2: (berbicara dalam bahasa jawa)
"itu looh..ada anak sma kekunci di dalem toko. ga bisa keluar.."
Kedua penduduk tersebut berbicara dengan sangat ebe, seakan-akan dua korban yang berada di dalam toko ga bisa keluar lagi. kan ga lucu banget kalo tiba2 headline koran besok pagi tuh "DUA ANAK SMA TERKUNCI DI TOKO KARENA TOKO KEBURU TUTUP". atau "DUA ANAK SMA TERPERANGKAP DI TOKO KARENA KETAHUAN MENGUTIL". hehe.. kalo yang terakhir tadi sih ga bener.. akhirnya setelah menunggu sekian lama, seorang pramuniaga pun datang menghampiri I dan F sambil membawa senampan sesajen untuk mahasulah.
ya ngga lah.
konci maksudnya.
akhirnya sang pramuniaga itu pun membukakan gerendel dan pintu yang telah sekian lama terkunci. kemudian bagaikan menemukan oase di tengah padang pasir setelah berjalan lebih dari 20 tahun, I dan F pun menemukan peradaban kembali setelah sekian lama terkunci.
I : "PERADABAAAAANNNN..!!!"
A : "I........F......... huhu.. aku mengkhawatirkan kaliaaaann...HUAHAHHAHHAHHAAHAH..."
RF: "aku juga. apakah kalian baik2 saja??"
F : "alhamdulillah baik2 saja..aku kangen kaliaannn....tak kusangka bisa bertemu kalian lagi"
A dan RF : "kita jugaaaaaaaaa...."
Mereka berempat pun akhirnya berpelukan seperti teletubbies. BERPELUKAAAANN!!!
(tentu saja 3 dialog dan 1 adegan terakhir hanya dilebih2kan.. hehe..)
akhirnya I dan F pun keluar dari toko tersebut disambut sejumlah jabat tangan dan karangan bunga dari para penduduk karena telah berhasil bertahan hidup tanpa makanan dan minuman setelah berpuluh-puluh tahun.
setelah mengucapkan beribu-ribu terima kasih pada pramuniaga dan para penduduk dan karena sudah sangat terlambat, mereka pun kembali ke bis. RF memanggil becak sedangkan I, A, dan F berjalan dengan langkah gontai namun bersemangat menyusuri jalanan malam malioboro menuju lapang parkir, menyongsong bis yang sudah lama terparkir penuh penantian menanti kedatangan mereka...
-THIS IS NOT THE END-

*pesan moral : "nasi rames plus gudeg dan tempe bacem ga pake terong. minumnya teh botol sosro"

kisah kita belum selesai nyampe di sini ternyata. perjalanan kita masih panjang.
Let's go mango!!

setelah berpuas-puas diri di malioboro, kita pun melanjutkan perjalanan menuju hotel sahid, hotel tempat kita akan menginap selama dua malam di jogja. cukup dekat ternyata, akhirnya kita pun sampai di hotel sahid. setelah menurunkan barang-barang, kita pun check in dan menuju kamar masing-masing, cewe di gedung utama, sedangkan cowo di cottage. tapi ternyata lift di gedung utama rusak untuk beberapa lama, sehingga menimbulkan antrian panjang di lobby. beberapa orang memutuskan untuk naek tangga. tapi setelah beberapa saat lift pun kembali berfungsi. hhmmppffhhh.. akhirnya kita pun istirahat, sambil mengumpulkan semangat untuk menyongsong hari esok. whehehe..

*kuis malioboro part 1 (beri tanda X pada jawaban yang benar-benar tidak salah)
Siapakah nama sebenarnya keempat tersangka berinisial I, A, F, dan RF itu??
[ ] Intan, Ardi, Fakhri, Raden Fasa
[ ] Ipnu, Anin, Fya, Rizki Fasha
[ ] Inay, Anne, Fasha, Rizki Fasa
[ ] Irham, Aqisth, Fifi, Raden Fasha
[ ] kalo ga salah semua jawaban yang tidak benar betul-betul tidak benar-benar salah

===============================================================================bersambung


jawab pertanyaanya lewat komen
=]

No comments: